Artikel

November 17, 2023

TEORI DAN ARGUMENTASI PENENTUAN MAKKIYAH DAN MADANIYAH

Empat pendekatan untuk menentukan ayat-ayat kategori makkiyah dan madaniyah yang dikemukakan ulama tafsir dapat pula dijadikan teori-teori penentuan ayat atau.

Selengkapnya

AYAT-AYAT NIDÂ’ DALAM AL-QUR’AN

Buku yang sedang di tangan pembaca ini merupakan hasil sebuah riset yang diharapkan dapat menambah nuansa ilmiah yang lebih beragam..

Selengkapnya
Mei 5, 2023

PENDEKATAN DALAM MEMAHAMI TIPU DAYA PADA KONTRAK BISNIS

Untuk adanya tipu daya tidak disyaratkan bahwa debitur mempunyai tujuan untuk merugikan krediturnya, akan tetapi sudah cukup, jika ia secara.

Selengkapnya
April 20, 2023

PENTINGNYA MEMPELAJARI KOMUNIKASI KELUARGA

Selama ini, studi komunikasi keluarga lebih banyak dikaji pada lembaga-lembaga pendidikan komunikasi yang berbasis keagamaan, apakah itu agama Islam, Kristen/Katolik,.

Selengkapnya

SEJARAH HOAKS DALAM ISLAM

Berita hoaks itu muncul bersamaan dengan peristiwa sejarah Islam. Hoaks pernah muncul sehabis perang dengan Bani Musthaliq di bulan Syakban.

Selengkapnya

HOAKS DALAM AL-QUR’AN

Hoaks dalam bahasa agama dapat dipahami sebagai usaha memperdaya orang banyak lewat berita bohong (deceive somebody with a hoax); memperdaya.

Selengkapnya
Maret 31, 2023

TEORI-TEORI KEDATANGAN ISLAM DI NUSANTARA

Sejauh menyangkut kedatangan Islam di Nusantara, terdapat diskusi dan perdebatan panjang di antara para ahli mengenai tiga masalah pokok: tempat.

Selengkapnya

SIAPAKAH AGKH ABDUL RAHMAN AMBO DALLE

Menurut Yusrie Abady (2012: 73-74), bahwa K.H. Abdurrahman Ambo Dalle dilahirkan pada hari Selasa, tahun 1890 di sebuah desa yang.

Selengkapnya

ARISTOTELES, PENDIRI FILSAFAT ILMU

Ada tiga orang Yunani yang dihormati sebagai pilar utama dan peletak dasar filsafat Barat, Aristoteles ada lah yang termuda di.

Selengkapnya