Pencerahan jiwa dan raga

Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW kepada umatnya untuk dibaca demi mendapatkan ketenangan hati yang didambakan oleh semua orang. Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, ia mengatakan kalau Rasulullah shallallahu’aliahi wasallam bersabda yang bunyinya sebagai berikut: “apabila seorang hamba ditimpa kegelisahan atau kesedihan, lalu ia berdo’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي

Allaahumma Innii ‘Abduka, Wabnu ‘Abdika, Wabnu Amatika, Naashiyatii Biyadika, Maadhin Fiyya Hukmuka, ‘Adlun Fiyya Qodhoo-Uka, As-Aluka Bikullismin Huwalaka, Sammayta Bihi Nafsaka, Aw Anzaltahu Fii Kitaabika, Aw ‘Allamtahu Ahadan Min Kholqika, Awis Ta’ Tsar Ta Bihi Fii ‘Ilmil Ghoibi ‘Indaka, An Taj’alal Qur-Aana Robbii’a Qolbii, Wa Nuuro Shodrii, Wa Jalaa-A Huznii, Wa Dzahaaba Hammii.

Niscaya Allah akan menghilangkan kecemasan dan kesedihannya, kemudian Dia akan menggantikan semua itu dengan kegembiraan”. Setelah itu, para sahabat yang ada saat itu bertanya, “Ya Rasulullah, bolehkah kami menghafal atau mempelajar kalimat-kalimat tersebut?”. Rasulullah pun mengiyakan jawabannya, “Ya, hendaknya siapa saja yang mendengarnya mempelajarinya” (Riwayat Ahmad1/391, Ibnu Hibban, Abu Ya’la, al-Hakim, dll), sanad shahih menurut pendapat Al-Albani.

Agar lebih memahami, berikut adalah inti dari doa yang tertulis di atas:

“Seorang hamba Allah dari keturunan Nabi Adam dan Siti Hawa hendaknya beroda kepada Allah. Sebab semua kehendak ada ditangan Dia. Dialah dzat yang mana memegang kendali atas ubun-ubun kita, Dialah Dzat Yang Adil keputusan dan qadhanya. Manusia hendaknya juga memohon untuk menjadikan Al Qur’an penentram hati, peleyap duka serta kesedihan dan pemberi cahaya di dada. Hal ini karna Allah adalah Tuhan yang menggunakan nama sempurna dalam setiap namaNya.

(islamidia.com)

Related Post

Ragam Referensi PAUD yang Perlu Anda Miliki.

Ragam Referensi PAUD ya

Mengapa pendidikan anak usia dini itu penting? Karena untuk membentuk

Read More
New and Recommended

New and Recommended

Buku baru yang harus Anda miliki

Read More

Leave a Reply

© 2017 , Design by Kodeforest